Berdasarkan Arah Angin, BPBA Sebut Kabut Asap akan Terus Selimuti Aceh dalam Beberapa Waktu ke Depan

  • Whatsapp

Banda Aceh, INFONANGGROE.com – Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) mengatakan, kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan di beberapa Provinsi di Sumatera akan terus menyelimuti wilayah Aceh dalam beberapa waktu ke depan.

Hal itu berdasarkan pantauan satelit terkait arah angin yang begerak dari Tenggara menunuju Barat Laut Pulau Sumatera kemudian melintasi kawasan Aceh.

“Kondisi ini akan terus berlangsung dalam beberapa waktu kedepan, kecuali terjadi perubahan arah alir angin dan atau turun hujan dengan intensitas tinggi,” ungkap Kepala pelaksana BPBA, Ir. Sunawardi, M.Si melalui rilis yang diterima, Senin (23/9).

Meski demikian Sunawardi mengaku sudah mendapatkan intruksi dari Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah untuk terus memantau kondisi terkini paparan kabut asap yang menyelimuti Aceh.

“Plt Gubernur Aceh sudah memberikan intruksi untuk terus memantau situasi lapangan dan mengambil langkah strategis termasuk mendistribusikan masker kepada masyarakat,” kata Sunawardi.

Jika eskalasi keadaan menjadi lebih buruk lanjutnya, maka direncanakan aksi distribusi masker akan dilakukan secara masif dan lebih banyak lagi untuk menjangkau seluruh kabupaten/kota.

“Paling sedikit setiap kabupaten/kota akan menerima sebanyak 10.000 lembar masker,” tambahnya.

Untuk diketahui berdasarkan informasi, sejumlah Kabupaten/Kota di Aceh sudah terpapar dampak kabut asap, diantaranya Banda Aceh, Aceh Besar Aceh Barat, Aceh Jaya, Langsa, Aceh Tamiang, Aceh Selatan, Aceh Timur, Aceh Tenggara, Bener Meriah, Aceh Tengah, Simeulu, dan Aceh Singkil.

Aliexpress WW
Rubrik       : Tak Berkategori