Belum Setahun Tanggul Mesjid Alu Seulaseh Ambruk

  • Whatsapp

INFONANGGROE.COM, BLANGPIDIE – Proyek pembangunan tanggul Masjid Nurul Iman Gampong Alue Seulaseh, Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Aceh Barat Daya yang dikerjakan oleh CV. Ubena Daya dengan anggaran 925 juta bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Kabupaten (APBK) tahun 2018, ambruk, Senin, (24/12/2018) kemarin.

Amruknya tanggul tersbeut menyisakan kekecewaan masyarakat pasalnya, tanggul itu ambruk secara tiba-tiba tanpa penyebab yang jelas.

Ketua Panitia Pembangunan Nurul Iman, Rusdi (40) menduga pekerjaan tanggul tersebut dikerjakan asal jadi. Anehnya lagi pengerjaan proyek itu tidak memasang plang proyek sehingga terkesan sangat tertutup.

“Ini aneh, tidak terjadi banjir atau gempa, tapi tanggul itu bisa ambruk ke sungai. Kita menduga pekerjaan yang dilakukan kontraktor terkesan asal-asalan,” ungkapnya Selasa (25/12).

Rusdi mengatakan pembagunan proyek tanggul Masjid Nurul Iman dikerjakan oleh CV. Ubena Daya dengan ketinggian mencapai 6 meter lebih.

“Menurut informasi yang beredar, proyek itu sudah dilakukan PHO, namun masyarakat tidak mengetahui secara pasti. Kami sangat dirugikan dengan pembagunan yang diduga asal jadi ini,” tutur Rusdi.

Rusdi berharap agar dinas terkait untuk segera melakukan pengecekan terhadap volume dan kualitas pembangunan tanggul tersebut.

“Kami minta pihak Dinas PU Abdya segera turun kelapangan, untuk melihat serta meninjau ulang pembangunan proyek ini. Kami sebagai warga kecewa dengan hasil pembangunan yang tidak bisa kami nikmati, apalagi tanggul ini dibangunan untuk menjaga keamanan Masjid,” pungkasnya.

Rekanan Siap Perbaiki

Dikonfirmasi secara terpisah Direktur CV. Ubena Daya Musawir Membantah proyek itu dikerjakan asal jadi, menurutnya pengerjaan proyek tersebut sudah sesuai spesifikasi bahkan pengawas dari dinas datang setiap hari saat pengerjaan sedang berlangsung.

Proyek tersebut, kata Musawir masih dalam masa pemeliharaan

“Karena masih dalam masa pemeliharaan kita langsung kerjakan besok kita akan masukkan besi-besinya,” ungkap Musawir.

Bahkan Musawir mengatakan saat ini alat berat telah ia kerahkan untuk melakukan perbaikan tanggul yang ambruk.

“Kita sudah kerjakan sesuai dengan spek namun karena tekanan tanah dan air yang terlalu kuat sehingga ambruk, Ini musibah,” jelasnya.

Terkait tidak ada plang nama proyek tersebut, Musawir mengatakan ia sengaja tidak memasang karena takut dirusak oleh pihak tidak bertanggungjawab.

“Kita takut dirusak namun saat PHO ada kita pasang plangnya,” ungkapnya.(Yas/anteroaceh.com)

Aliexpress WW
Rubrik       : Tak Berkategori