Azzam Realisasi Janji Dokter Kunjungi Pasien

  • Whatsapp

Aceh Selatan, InfoNanggroe.com – Dinas Kesehatan Aceh Selatan merealisasi program kerja yang tertuang dalam visi misi Bupati dan Wakil Bupati Aceh Selatan, H Azwir S.Sos – Tgk Amran (Azam).

Program tersebut yaitu kunjungan dokter spesialis yang biasa stay di RSUD dr. H. Yuludin Away Tapaktuan,
ke Seluruh Puskesmas – Pukesmas yang berada di daerah Aceh Selatan

Kamis (3/1/2019) kunjungan perdana yang dilaksanakan sementara hanya pada dua Puskesmas yaitu Puskesmas Kota Fajar dan Puskesmas Kluet Utara,
yang dikunjungi oleh dokter spesialis bedah, dr. Marwazi Sofyan Sp.B. dan dokter spesialis kandungan dr. Erizaldi Sp.OG.

Sementara itu, Puskesmas Blangkeujeren, Labuhanhaji Barat dikunjungi dokter spesialis penyakit dalam dr. Syah Mahdi Sp.PD dan dokter spesialis anak dr. Nelli Sp.A.

Kepala Dinas Kesehatan Aceh Selatan, Drs HT Darisman kepada wartawan mengatakan, ini kunjungan tahap awal dokter spesialis di Puskesmas – Puskesmas.

“Program ini untuk memenuhi visi dan misi Bupati dan Wabup Aceh Selatan, dalam masa 100 hari kerja pemerintah Azam,” katanya.

Ia menambahkan, “program kunjungan dokter spesialis ke seluruh puskesmas tersebut terus akan dilaksanakan secara berkelanjutan ke depannya”

“Untuk hari pertama permulaan, kunjungan dokter spesialis di fokuskan dulu pada Puskesmas Blangkeujeren, Labuhanhaji Barat dan Puskesmas Kota Fajar,” ujarnya.

“Kedepan nya, dokter – dokter spesialis akan melakukan kunjungan ke seluruh puskesmas secara bergilir. Jadwalnya akan diatur sedemikian rupa, sehingga seluruh puskesmas rawat inap bisa dikunjungi” katanya.

“Jadwal ini akan disosialisasikan lagi nanti kepada masyarakat, agar masyarakat mengetahui dan memanfaatkan layanan jasa dokter spesialis di Puskesmas,” ucapnya.

Sementara Kepala Puskesmas Kota Fajar, Masribin Amd.Kep menyebutkan, ibu-ibu hamil yang memeriksa kandungannya ke dokter spesialis mencapai 33 orang. Sedangkan pasien bedah sebanyak 4 orang.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Blangkeujeren, Darmansal SKM menjelaskan, penyakit dalam yang dilayani pada hari itu mencapai 30 orang ditambah pasien rawat inap yang di visit sekitar 17 orang.

“Sedangkan pasien anak-anak yang dilayani mencapai 20 orang ditambah visite ke rawat inap sekitar 5 orang,” jelasnya.

Kabag Humas dan Protokol Setdakab Aceh Selatan Masriadi SSTP MSi di sela – sela mendampingi dokter spesialis di Puskesmas Blangkejeren, mengutarakan, tujuan program ini agar para pasien yang sudah lama di rawat inap di Puskesmas juga mendapatkan pelayanan dari dokter – dokter spesialis.

“Program kunjungan dokter spesialis ini agar dapat melihat langsung dan menguatkan diagnosa pasien yang dirawat di Puskesmas – Puskesmas,” paparnya.

Menurutnya, program yang digagaskan Bupati dan Wakil Bupati Aceh Selatan ini bertujuan untuk mendekatkan layanan dokter spesialis ditengah masyarakat, yang selama ini layanan hanya di rumah sakit umum.

Sedangkan, dr Syahmadi Sp.PD juga menjelaskan, bahwa kunjungan mereka ke Puskesmas – Puskesmas tersebut sesuai dengan Program 100 hari kerja Bupati Azwir dalam rangka pemenuhan dokter spesialis di Puskesmas.

“Tujuannya adalah untuk melihat kondisi lebih dekat bagaimana negara-negara memperkuat dokter umum di Pukesmas,” jelasnya.

Karena lanjutnya, bahwa sekarang program BPJS itu adalah penguatannya di Pukesmas, bahkan lebih 150 rumah sakit rujukkannya di Pukesmas. Puskesmas pintu gerbang yang harus ditangani secara maksimal.

“Puskesmas di Aceh Selatan saat ini sudah mulai merawat pasien yang bisa ditangani di Puskesmas lansung. Dan kami, dokter spesialis sangat komitmen sekali dengan program bupati,” pungkasnya.(antero)

Aliexpress WW
Rubrik       : Tak Berkategori