Abrar Zym: Isi Tausiah Tablig Akbar 15th Peringatan Smong di Simeulue

  • Whatsapp

Simeulue, INFONANGGROE.com – Kepala kantor kementerian Agama Kabupaten Aceh Besar H Abrar Zym SAg mendapat undangan dari Pemerintah Kabupaten Simeulue untuk menyampaikan tausiah dalam rangka peringatan 15 tahun Tsunami Aceh yang di pusatkan di Masjid Baiturrahmah Kota Sinabang kamis malam 26 Desember 2019.

Turut hadir Bupati Simeulue H Erly Hasyim S.Ag, M.Icom, Kakanwil Kemenag Provinsi Aceh Drs H M Daud Pakeh, Ketua dan anggota DPRK Simeulue, Sekda Simeulue, para kepala SKPK Simeulue, instansi vertikal, tokoh tokoh masyarakat dan ribuan masyarakat.

Abrar Zym dalam tausiahnya menguraikan tentang peristiwa Tsunami dan berbagai keajaiban dari peristiwa maha dahsyat tersebut. Apalagi dalam kenyataannya peristiwa Tsunami atau yang lebih di kenal oleh masyarakat Simeulue dengan istilah Smong tidak banyak membawa korban jiwa karena masyarakat Simeulue secara turun temurun telah banyak belajar dari peristiwa smong, berbeda halnya dengan tsunami di sepanjang pantai barat Aceh sampai ke kawasan Aceh Besar mengakibatkan 250 ribu jiwa meninggal dunia. Untuk itu masyarakat Simeulue patut bersyukur dan meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT.

Peristiwa tsunami/smong telah membawa hikmah dan perobahan besar bagi masyarakat Aceh, bahkan telah menimbulkan kesadaran dari para pihak yang bertikai antara RI-GAM untuk duduk berunding sehingga melahirkan MoU Helsinki.

Di samping melaksanakan peringatan 15 tahun tsunami, Pemerintah Simeulue bekerja sama dengan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Aceh mengadakan Observasi Gerhana Matahari Cincin (GMC), Doa, Zikir dan shalat kusuf dengan menampilkan khatib pakar astronomi Unsyiah DR Suchrawardi Ilyas MSc.

Ikut serta dalam rombongan kakankemenag Aceh Besar, Kasi Bimas Islam H Khalid Wardana MSi dan Penyelenggara Syariah Drs H Adnan.

Rubrik       : Tak Berkategori