7 Manfaat Buah Malaka (Amla) untuk Kesehatan, Bisa Kurus?

  • Whatsapp

NANGGGROESEHAT– Buah Malaka atau Rhem dalam bahasa Aceh memiliki manfaat untuk kecantikan dan berkhasiat bagi pengobatan terhadap sejumlah penyakit. Hal ini tentunya disebabkan oleh adanya nutrisi penting dan zat aktif yang ada di dalamnya. Buah rhem termasuk ke dalam golongan buah berry, sehingga dalam bahasa Inggris disebut Indian gooseberry.

Selain rhem, buah Malaka (Phyllanthus emblica) memiliki nama lain seperti ammalaki, amala, nillika, dan banyak lagi. Hmm, beberapa nama yang cantik, bukan? Sekilas, jika anda melihat pohonnya mungkin anda mengira pohon cerme, tapi lebih besar dan berkelok-kelok. Hampir setiap bagian dari tanaman rhem memiliki sifat penyembuhan terhadap sejulah penyakit. Mulai dari bunga, daun, akar, buah, dan bijinya sering digunakan dalam pengobatan ala India.

Buah rhem mengandung banyak tannoids dan tannin tertentu. Di dalam buahnya juga tersimpan berbagai nutrisi penting seperti karbohidrat, protein, lemak, zat gula, vitamin C, polifenol, ascorbic acid dan serat. Tidak hanya itu, buah ini juga dilengkapi dengan sejumlah mineral penting seperti kalsium, kalium, magnesium, natrium, zinc, dan zat besi.

Buah rhem mengandung asam askorbat, 160 kali lebih tinggi dari apel. Kandungan mineral dan asam amino di dalamnya juga lebih banyak daripada buah apel. Akar dan daun rhem mengandung flavanoida, sedangkan saponin hanya terdapat pada daunnya.

1. Meningkatkan stamina tubuh.

Untuk mencegah tubuh mudah lelah, campur 1 sdm jus buah rhem dengan madu secukupnya. Minum secara rutin setiap hari. dan berbagai Manfaat lainnya dari jus ini adalah untuk mencegah penyakit jantung.

2. Menghaluskan kulit

Vitamin C yang berlimpah dalam buah rhem bersifat sebagai antioksidan yang mencegah tanda-tanda penuaan dini seperti keriput. Dengan memakan buah malaka secara rutin akan membuat kulit lebih halus, mencegah jerawat, serta mengeluarkan racun dari tubuh anda.

3. Menurunkan berat badan

Campur 1 sdm jus buah rhem dengan secangkir jus labu segar. Meminum jus ini dengan rutin selama dua bulan berturut-turut bisa mengurangi kadar gula darah bagi penderita diabetes, serta menurunkan berat badan bagi pelaku diet.

4. Menjaga fungsi otak

Dengan konsumsi buah rhem secara rutin, berguna untuk meningkatkan daya ingat, intuisi, kewaspadaan, fungsi mental, dan intelektualitas.

5. Mengobati rematik

Campur 1sdt bubuk rhem dengan 2 sdt tea jiggery, kemudian seduh dengan air panas. Usahakan minum teratur, 2 kali selama sebulan.

6. Mengurangi kolesterol buruk

Buah rhem dilengkapi dengan asam amino, pektin, dan vitamin C. Ketiga nutrisi ini bertindak untuk mengurangi kolesterol buruk dan menaikkan kadar kolesterol baik. Ketiga zat penting ini juga bermanfaat bagi mencegah penumpukan lemak dan plak pada pembuluh darah dan arteri.

7. Mengobati penyakit rabun mata

Campuran yang terbuat dari jus rhem dan madu ternyata efektif untuk mengobati mata rabun, dan mencegah ketegangan intravascular. Dosisnya adalah semangkok jus buah dan madu secukupnya, minum 2 kali dalam sehari.(NS).

Rubrik       : Tak Berkategori