Dibuka Oleh Menteri Kominfo, FesTIK 2020 Secara Virtual

  • Whatsapp

Surabaya, INFONANGGROE.com – Festival TIK tahun 2020 secara virtual dan mandiri bertema KolakaWilwaTIKta Paramita yang dikemas dalam inagurasi seluruh anggota RelawanTIK.

Acara diselenggarakan di Surabaya Provinsi Jawa Timur dibuka oleh Menteri KOMINFO RI, bapak Johnny G Plate secara virtual. Sabtu 5 Desember 2020.

“Relawan TIK secara presisten telah melakukan Literasi digital pada masyarakat secara luas di seluruh Indonesia memanfaatkan jejaring relawan sejumlah lebih dari 8000 anggota. Terbukti dengan dokumentasi yang baru ini di release dalam bentuk buku Cerita RelawanTIK Indonesia menjadi karya nyata relawantik mitra inisiatif dan terobosan dan mitra literasi digital di kementrian kominfo”, sebutnya Menteri KOMINFO Johnny G Plate.

Ia menambahkan, Gerakan ini bisa di katakan sebuah percepatan pencapaian tranformasi teknologi di Indonesia melalui kolaborasi KEMKOMINFO, Siberkreasi dan RelawanTIK.

“Saya berharap agar RTIK dapat segera merumuskan strategi yang memperkuat peran RTIK sesuai tujuannya menjadi pendamping masyarakat dalam memanfaatkan teknologi khususnya digital di Indonesia”, harapnya.

Ketua umum RTIK periode 2016-2020 Fajar Eri Dianto nama akrab om FED mengatakan saat ini tahapan penting relawantik penguatan kompetensi personal, pembentukan pribadi yang unggul dan memang pantas sebagai pendamping di masyarakat penikmat teknologi.

“Saat ini tahapan penting bagi relawantik adalah penguatan kompetensi personal, sehingga rekan-rekan relawantik yang selama ini telah sukses membranding diri, membranding kegiatan memperkuat pengenalan pergerakan, penguatan kemampuan personal di wujudkan sebagai pembentukan pribadi relawantik yang unggul dan memang pantas sebagai pendamping di masyarakat penikmat teknologi”, katanya.

“Tahun 2020, kami lebih focus pada dua program utama yaitu Transformasi Teknologi Masyarakat Desa dengan penciptaan akses internet mandiri lengkap dengan Literasi Digital masyarakat desa terhadap pemanfaatan akses yang di bangun, lalu Program kedua adalah Reformasi Ekonomi Digital yaitu sebuah program edukasi dan sosialisasi bertujuan mengubah mindset masyarakat terhadap pemanfaatan teknologi pada pemulihan ekonomi di kalangan masyarakat memanfaatkan pltform Relawantik dengan brand Ertikpay sebagai issuer alat bayar dan QREN sebagai platform merchant”, jelasnya.

RelawanTIK meluncurkan beberapa hal yang dijadikan motivasi pergerakan bagi anggotanya, antara lain Buku kumpulan kegiatan relawantik di seluruh Indonesia dalam sebuah Cerita RelawanTIK hasil kompulasi oleh Penerbit FrasaMedia pimpinan Latief yang saat menjabat sebagai Ketua RelawanTIK Kota Bandung, lalu Peluncuran Hymne RelawanTIK buah karya Mihram dari RelawanTIK Polewalimandar.

Juga diserahkannya Sertifikat Champion WSIS Prize 2020 dari ITU-PBB kepada Mas Yosep Klontang dari RelawanTIK Madiun, dilengkapi dengan di luncurkannya KURURIO sebagai platform pengantaran barang utk UMKM hasil cipta Bang Ekoprasetya RelawanTIK Baubau serta banyak hal lain serta program-program nasional lainnya yang dilaksanakan oleh RelawanTIK se-Indonesia sepanjang tahun 2020.

Rubrik       : Nasional

Pos terkait