Uji Swab Berulang Kali Hanya Dua Keluarga Irwandi Yusuf Positif Covid-19

  • Whatsapp
Tangkapan foto dari postingan instagram darwati a gani

BANDA ACEH, INFONANGGROE.com – Keluarga Irwandi Yusuf sempat datang kabar yang mengejutkan. Bermula seluruh keluarga yang tinggal di rumahnya di Lamprit, Kecamatan Kuta Alam, Banda Aceh dianyatakan positif Covid-19.

Kabar bermula disampaikan dalam postingan akun facebooknya Irwandi TengkuAgam Yusuf. Sehingga dikutip oleh media sosial dan portal berita online di Aceh.

Belakangan ini muncul informasi terbaru, yang menyebutkan hasil swab 15 orang keluarga mantan Gubernur Aceh itu. Hanya dua orang saja yang betul-betul positif Covid-19.

Baca juga:
Pelanggar Protokol Kesehatan Terancam Dikenakan Sanksi di Aceh

Darwati A Gani menuliskan duduk persoalan masalah tersebut di akun instagramnya. Setelah kabar simpang siur itu sempat membuat bingung mayarakat di dunia maya. Beragam komentar pun muncul, bahkan ada yang menggangap hal itu drama belaka. Ia menceritakan bahwa hasil dua orang positif dari anggota keluarganya itu didapat dari uji sampel swab yang dilakukan berulang kali. Sabtu,  8 Agustus 2020.

“Langsung terpikir, jangan-jangan saya terinfeksi juga, bagaimana ini, saya baru pulang kampung, ke rumah orang tua saya dan ketemu dengan beberapa teman dekat,” tulis Darwati dalam akun Intagramnya.

Darwati melanjutkan, setelah diskusi dengan anaknya. Kemudia ia menghubungi direktur Rumah sakit Zainal Abidin Banda Aceh untuk menanyakan solusi jika ada sebagian anggota keluarganya terpapar Covid-19.

“Lalu beliau (direktur ZA) sampaikan, semua kontak erat pasien harus diperiksa, swab lebih baik,” tambah Darwati.

Darwati mengaku, dihari yang sama setelah ashar, ia dan keluarga datang ke Rumah Sakit Zainal Abidin untuk dilakukan Swab.

“Sepulang dari sana (RSUZA) saya langsung sampaikan, kita harus isolasi mandiri, yang pulang ke rumah masing-masing juga harus isolasi di kamar yang beda dengan keluarga,” ujarnya.

Kemudian pada tanggal 4 Agustus, jam 2 dinihari Darwati mengaku menerima pesan whatsaap, memberitahukan bahwa dirinya positif.

Baca juga:
Dovizioso Terancam Dipecat Ducatti Jika Gagal di MotoGP Ceko

Lalu Darwati menayakan hasil swab terhadap anak-anaknya, dan dijwab besok baru akan dapat hasilnya. Seraya memprediksi sepertinya semuanya akan positif, namun akan dilakukan cek ulang terhadap sampel yang sama.

“Lalu saya tanya lagi, bagaimana dengan anak-anak saya, jawabannya baru dapat besok, sepertinya semua positif Ibu, tapi mereka akan dicek ulang dengan sampel yang sama” tulis Darwati menirukan pesan yang ia terima itu.

Dalam keadaan darurat seperti itu, Darwati mengaku langsung menghubungi seseorang yang tinggal di Bandung untuk dibantu komunikasi dengan Irwandi.

“Akhirnya Pak Irwandi hubungi beberapa pihak terkait untuk kroscek, jawabannya tetap sama semua positif, tapi laporan tertulis belum ada, dan pihak lab kan cek ulang,” tambahnya.

Berangkat dari informasi tersebut kata Darwati, Irwandi menghubungi admin akun facebooknya. Untuk menuliskan status bahwa seluruh keluarganya terinfeksi Corona, hal itu dilakukan sebagai bentuk tanggung jawab moralnya kepada masyarakat Aceh.

Pada tanggal 5 Agustus sore, Darwati menyebutkan hasil cek ulang sampel swab yang sama keluar, dan hasilnya dari 15 orang yang dites, hanya dua orang yang dinyatakan positf Covid-19.

“Dan dari cek ulangan dengan sampel yang sama, keluat tanggal 5 sore, yang menyebutkan dari 15 sampel yang dites, sebanyak dua orang positif Covid-19,” uca Darwati dalam postingan instagramnya itu.

Namun untuk lebih meyakinkan dirinya, Darwati meminta semuanya untuk dites kembali. Tanggal 7 Agustus keluar hasil yang sama, hanya dua orang dinyatakan positif.

Baca juga:
Asib Amin “PROTES” Sekolah dan Pesantren diliburkan, Mal dan Objek Wisata Dibolehkan

“Lalu kami minta semuanya untuk diswab ulang, dan akhirnya pada tanggal 7 Agustus keluar hasil yang sama, bahwa hanya dua orang yang positif,” imbuhnya.

Saat ini Darwati mengaku sedang melakukan isolasi mandiri selama 14 hari, sebab dua orang yang beraada di lingkungannya telah dinyatakan positif.

“Dan InsyaAllah kami akan lalui ini semua dengan baik-baik saja. Ada banyak yang bertanya, kenapa ibu begitu terbuka, tidak menutupi masalah ini. Karena bagi saya terjangkit Covid bukan aib. Ini juga bagian dari mengedukasi masyarakat Aceh,” tulis Darwati diakhir postingannya.

Berikut isi lengkap postingan Darwati A Gani dalam akun Instagramnya.

“Senin, 3 Agustus 2020. Tiba2 masuk WA ke hp sy yg isinya “Yuni positiv Covid-19” Yuni adl seorang keluarga yg sdh sy anggap sprt keluarga & tinggal sermh dg sy. Langsung terpikir, jangan2 sy terinveksi jg, gimana ini. sy baru plng kampung, ke rmh kedua ortu saya dan ktm bbrp kawan dekat . Ll sy diskusi dg 2 anak yg besar, Teguh & Dara. Dan sy jg tanya ke Dir RSZA apa yg hrs km lakukan saat ada bagian keluarga trpapar Covid-19. Ll beliau sampaikan smua kontak erat pasien hrs diperiksa. swab lebih baik. ll stlh ashar km 15 orang test swab di RSZA. sepulang dr sana sy lngsung sampaikan kt smua harus isolasi mandiri. yg pulang ke rmh masing2 jg hrs isolasi di kamar yg beda dg keluarga.

4 Agustus seharian km cemas nunggu hasil. Sampe tengah malam pun blm spt. saat terjaga jam 2 pagi. masuk WA, “hasil swab ibu Positiv” lalu saya tanya lagi. gmn dg anak2 saya. jawabannya br dpt besok pagi. Sepertinya semua positiv Ibu..tp mereka akan cek ulang dg sampel yg sama. Dlm keadaan darurat seperti itu. sy hubungi seseorang di bandung unt dibantu komunikasi dg Pak Irwandi. Akhirnya Pak Irwandi hubungi bbrp pihak terkait unt kroscek, jawabannya ttp sm semua positiv, tp laporan tertulis blm ada dan phk lab akan cek ulang.

Lalu Pak Irwandi hubungi Admin fbnya unt update status sbg tgng jwb moral kpd masyarakat Aceh dlm tegakkan prinsipnya bhwa corona dpt nyerang siapa aja tanpa pandang status sosial. Dan jg unt beri sinyal kpd orang2 yg ada interaksi dg sy agar tdk kemana2 dl. Krn corona itu ada & nyata..

Baca juga:
MPU Banda Aceh akan Kaji Permainan Domino

Dan hasil cek ulangan dg sampel yg sama keluar tgl 5 sore yg menyebutkan dari 15 sampel yg di test, sebanyak 2 orang positiv Covid-19.

Namun untuk meyakinkan diri lagi bahwa hanya 2 orang yang positiv, lalu kami minta semuanya unt di swab ulang dan akhirnya pd tgl 7 agustus keluar hasil yg sama, bahwa hanya 2 orang yang positiv.

Ll apakah sy sdh aman? Belum, apalagi msh ada 2 org yg positiv di lingkungan sy, jadi hrs isolasi mandiri sampai 14 hr mulai tgl 3 Agustus. Dan insyallah km akan lalui ini smua dg baik2 aja. Ada banyak yg bertanya, knp ibu bgt terbuka, tdk tutupi mslh ini. Krn bg sy terjangkit Covid bkn aib. Ini juga bagian dr mengedukasi masyrkt Aceh.”

Rubrik       : Nanggroe
Editor       : Jufry Ijup

Pos terkait