Mapala Cempaga Stikes Medika Nurul Islam Lakukan Kegiatan Penanaman Mangrove di Pidie

  • Whatsapp

PIDIE, INFONANGGROE.com – Mapala Cempaga Stikes Medika Nurul Islam lakukan kegiatan penanaman mangrove dalam rangka peduli lingkungan pesisir mangrove for pidie. Minggu, 30 Agustus 2020.

Kegiatan penanaman mangrove yang dilakukan oleh lembaga mapala Cempaga dengan mengusung Tema: “Marilah menanam mangrove untuk masa depan pidie yang lestari”.

“Tujuan kegiatan ini, untuk mencegah abrasi dan erosi/pengikisan tanah di kawasan pantai. Serta dapat menjadi tempat hidup biota laut dan satwa-satwa penjaga ekosistem laut,”ucap Zulfadli ketua panitia.

Baca juga:
Wakil Bupati Aceh Besar Resmikan Sekretariat PCNU Aceh Besar

Ia menambahkan, pada hari pertama kegiatan sudah tertanam 3.000 bibit. Dan acara menanam mangrove akan berkelanjutan selama 3 minggu kedepan dengan jumlah bibit keseluruhan 5.000 bibit.

“Terima kasih banyak kepada ketua DPRK Pidie sebagai pembuka acara, dan dari pihak kampus Stikes Medika Nurul Islam serta Dandim 0102, Kapolres, Kabib Kepemudaan Dispora, Dinas LH, Camat, Polsek, Koramil. Dan Geuchik Sukon kecamatan Simpang Tiga serta seluruh intansi kampus yang ada pidie, dan komunitas penggiat pecinta alam. Dan Organisasi seperti Mapala Jabal Everests, HMI, KNPI. Serta juga dihadiri oleh pramuka Saka wira, yang mana telah ikut hadir dan bepartisifasi dalam kegiatan ini dengan jumlah anggota peserta hari ini itu ada 150 orang, dan panitia ada 14 orang dalam kegiatan penanaman mangrove,” pungkas Zulfadli

Ketua UKM-PA Cempaga M. Rizqi Rahmadhani mengatakan, kegiatan penanman manggrove merupakan program kerja UKM-PA Cempaga dalam membantu menanggulangi terjadinya pengikisan tanah di kawasan pantai Kabupaten Pidie.

“Dalam pengadaan bibit manggrove tersebut pihaknya didukung oleh yayasan gajah Sumatra (yagasu), dan Ketua DPRK Pidie, Mahfuddin Ismail. Kegiatan penanaman mangrove ini juga bagian dari pengabdian kami untuk kabupaten Pidie dalam menjaga ekosistem dan konservasi di wilayah pantai, harapanya kedepan menjadi kegiatan rutin UKM-PA Cempaga,” harap M Rizqi.

Baca juga:
Mahasiswa Nagan Raya Hadiahkan Cairan Busuk Kepada DPRK

Kegiatan Marilah menanam mangrove untuk masa depan pidie yang lestari turut di apresiasi Mahfuddin Ismail Ketua DPRK Pidie dan mendukung langkah mahasiswa Pidie yang perduli pada lingkungan dengan program penanaman manggroe.

“Saya sangat mengapresiasi dan mendukung langkah – langkah Mahasiswa Pidie terutama UKM-PA Cempaga Stikes Medika Nurul Islam yang sangat peduli pada lingkungannya dengan melakukan program penanaman manggroe. Seharusnya memang mahasiswa harus menjadi agen perubahan sebagaimana hakikat dari mahasiswa itu sendiri, apalagi mahasiswa juga di tuntut harus mengabdi kepada kepentingan ummat seperti tridarma perguruan tinggi, apalagi kondisi pidie dan Aceh hari ini terkait lingkungan yang sudah dlm kondisi “sakit”,. Tentu di tuntut terutama kepada generasi muda untuk terus berpartisipsi dalam menjaga Alam sekitarnya. Apalagi program penanaman bakau ( Manggrove ) tentu memiliki peran besar dalam menjaga keseimbangan ekosistem serta menyelamatkan lingkungan terutama dalam menahan air laut apabila meluap ke daratan,” ucapnya.

“Selain itu, tanaman bakau juga dapat dikembangkan pada sisi ekonomi kreatif masyarakat seperti pembuatan keripik, sirup dan makanan ringan lainnya. Karenanya kami minta mahasiswa untuk juga mengedukasi masyarakat bahwa bakau ini juga bisa meningkatkan ekonomi bagi masyarakat pesisir,” tutupnya.

Rubrik       : Nanggroe
Editor       : Jufry Ijup

Pos terkait