Mantap Pak Jokowi! Sekarang Aceh Sudah Punya Jalan Tol

  • Whatsapp

INFONANGGROE.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan proyek ruas tol Sigli – Banda Aceh seksi 4, yaitu ruas Indra Puri – Blangbintang sepanjang 14 kilometer. Ini merupakan tol pertama di Provinsi Aceh.

“Dengan mengucap Bismillah, jalan tol ruas Sigli Blang Bintang Seksi 4 Indra Puri Blang Bintang hari ini diresmikan,” kata Jokowi melalui video conference yang disiarkan langsung Sekretariat Presiden, Selasa (25/8/2020).

Ini adalah kedua kalinya Jokowi mengunjungi proyek ruas tol Sigli – Banda Aceh, setelah yang pertama pada Februari lalu. Saat itu, Jokowi menyampaikan optimismenya ruas tol seksi 4 bisa digunakan pada arus mudik Lebaran 2020.

Jokowi mengatakan meskipun tengah menghadapi pandemi Covid-19, pembangunan infrastruktur tetap menjadi prioritas pemerintah. Pasalnya, saat ini posisi infrastruktur domestik masih tertinggal dari negara lain.

“Kalau dibandingkan dengan negara-negara lain sehingga hal itu membuat biaya logistik kita menjadi lebih mahal. Inilah yang menyebabkan competitiveness kita menjadi tidak baik kalau dikompetisikan dengan negara tetangga kita,” jelasnya.

Jokowi menegaskan bahwa tol Banda Aceh – Sigli yang memiliki panjang 74 kilometer merupakan jalan tol pertama di Provinsi Aceh.

“Saya ingin mengucapkan terima kasih ke bapak gubernur, bupati, seluruh masyarakat Aceh bahwa pembebasan lahan di Aceh ini paling cepat,” katanya.

“Sepanjang yang saya tahu, paling cepat misalnya yang 74 km dari bandara Aceh ke Sigli itu sudah 86%. Cepat sekali konstruksinya bisa mengikut dengan cepat,” jelasnya.

Sebagai informasi, proses pembangunan tol Aceh – Sigli terbagi dalam enam seksi sepanjang 74 km dengan alokasi anggaran Rp 12 triliun.

Rinciannya, Seksi 1 antara Padang Tiji – Seulimeum sepanjang 25,2 km, Seksi 2 Seulimeum – Jantho sepanjang 6,1 km, Seksi 3 Jantho – Indrapuri 16 km, Seksi 4 Indrapuri – Blang Bintang 14,7 km, Seksi 5 Blang Bintang – Kuto Baro 7,7 km, dan Seksi 6 Kuto Baro – Simpang Baitussalam 5 km.

Rubrik       : Nanggroe
Sumber    : cbncindonesia

Pos terkait