Lawan Covid-19; PC IAKMI Aceh Besar Bagi Masker Dan Hand Sanitizer

  • Whatsapp

Aceh Besar, INFONANGGROE.com – Pengurus Cabang Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Aceh Besar menggelar aksi Bakti Sosial dalam rangka mencegah Covid-19 dengan membagikan Masker dan Hand Sanitizer kepada Pedagang maupun pengunjung di 3 titik yaitu Pasar Sibreh Suka Makmur, Pasar Samahani Kuta Malaka dan pasar Lambaro Ingin Jaya Aceh Besar, 22 April 2020.

Ketua Pelaksana Aksi Bakti Sosial Evitasari, S.KM.,M.KM yang juga merupakan Kepala Puskesmas Indrapuri mengatakan, pandemi Covid 19 yang tegah melanda Aceh, khususnya Aceh Besar saat ini mewajibkan masyarakat untuk menjaga kebersihan dalam aktifitas dan menggunakan masker, akan tetapi bagi sebagian masyarakat masih belum terbiasa dalam pengunaanya.

Ditengah pandemi Covid-19, Masker dan Hand Sanitizer menjadi barang yang langka sehingga harga mahal. Sedangkan penyebaran wabah membuat perekonomian sebagian masyarakat jadi terganggu yang mengakibatkan kebutuhan hidup agak sulit. Dengan bantuan Masker sebanyak 3000 lembar dan ratusan botol Hand Sanitizer dapat menjadi alat untuk pelindung bagi mereka yang beraktifitas dikeramaian dengan memperhatikan protokol pencegahan Virus Corona. Ucap Evitasari.

Buharnuddin, S.KM selaku ketua PC IAKMI Aceh Besar mengatakan ini merupakan kegiatan bakti sosial yang diikuti oleh seluruh pengurus, dan harapannya dengan kegiatan ini Masyarakat Aceh Besar memiliki kesadaran yang tinggi untuk tetap waspada terhadap penyebaran Pandemi covid-19 ini. Ditambah beberapa hari kita dikejutkan dengan temuan kasus baru sebanyak 2 kasus, ungkapnya.

Kepala Dinas Kesehatan Aceh Besar Anita, SKM., M.Kes yang juga ikot dalam kegiatan ini mengatakan kegiatan tersebut sangat bagus dan telah meringankan sedikit kerja dinas kesehatan Aceh Besar terutama pemerintah Aceh Besar, yang kita ketahui Aceh Besar pernah menemukan kasus positif, dan hari ini juga di waktu yang bersamaan kita dinas kesehatan telah melakukan penyemprotan disinfektan di 4 kecamatan yaitu Indrapuri, Kuta Malaka, Ingin Jaya dan Darul Imarah.

“Kami berharap semua unsur dari kesehatan atau lain saling membahu untuk memutuskan rantai peyebaran, apalagi kita akan memasuki bulan Suci Ramadhan kemungkinan besar akan terjadi peningkatan masyarakat yang akan mudik terutama Aceh Besar sebagai gerbang jalur udara kepulangan di Provinsi Aceh, nanti masyarakat melakukan semua kegiatan yang tidak penting dirumah saja #Stayathome karna dengan berada dirumah telah meringankan kerja kami petugas kesehatan dengan menerapkan social distancing dan physical distancing, semua ini merupakan upaya pencegahan dan memutus mata rantai penyebaran Covid 19″. Ucap Anita.

Kegiatan Aksi ini turut diikoti oleh Anggota DPRK aceh Besar Hanifullah, S.Pd.I, Lukman, SKM., M.Kes selaku Sekdis Kesehatan, Muspika Suka Makmur dan staf Puskesmas Suka Makmur yang tergabung dalam IAKMI.

Rubrik       : Nanggroe
Editor       : Musiarifsyah Putra

Pos terkait