FORMAT Mintak PT. MIFA BERSAUDARA Peka Terhadap Pemasalahan Warga Peunaga Cut Ujong

  • Whatsapp

ACEH BARAT, INFONANGGROE.com – Forum Masyarakat Aceh Barat (FORMAT) meminta PT Mifa Bersaudara untuk lebih fokus dan peduli terhadap masyarakat yang ada di sekitar perusahaan.

Ketua FORMAT Rasyidin HR mengatakan, sejauh ini PT Mifa Bersaudara tidak peka terhadap masyarakat sekitar perusahaan yang merasakan langsung dampak dari debu batu bara dari aktivitas perusahaan tersebut.

“Permintaan ini kita sampaikan, Berdasarkan surat permohonan masyarakat Peunaga Cut Ujong kepada Forum Masyarakat Aceh Barat (FORMAT) pada Senin tanggal 13 Juli 2020 yang merasa terganggu dengan debu batu bara dari aktivitas perusahaan tersebut,” ungkapnya.

Baca juga:
Terkait Dugaan Pencemaran Limbah Kelapa Sawit, HIMABIOS Datangi PT. KTS di Aceh Barat

Selain permasalahan debu batu bara, ada juga permasalahan lainnya, seperti pada waktu musim hujan warga Gampong Peunaga Cut Ujong juga mendapatkan kiriman air yang berwarna hitam pekat dugaan akibat dari debu batubara yang berasal dari pada turning.

“Kami melihat langsung bagaimana menderitanya masyarakat Peunaga Cut Ujong yang setiap hari menghirup debu batubara, jangankan untuk manusia bahkan tanaman warga juga ikut mati karena debu batubara yang bagitu banyak setiap harinya, baik melalui yang di bawa oleh angin laut maupun akibat turning (tempat tranfer batu bara dari dumtruck ke conveyor),” jelasnya.

Sementara Itu,  Keuchik Gampong Peunaga Cut Ujong, Agustiar  menjelaskan    selain permasalahan debu hal lain yang hingga kini belum di seleikan oleh pihak PT Mifa Bersaudara adalah pembayaran rumah dan tanah warga Peunaga Cut Ujong.

“Sejauh ini  pihak PT. Mifa Bersaudara baru membayar 12 Rumah dan Tanah, sedangkan yang belum di bayar berjumlah lebih kurang 50 Rumah,“ kata Agustiar.

Rubrik       : Nanggroe

Pos terkait