Mawardi Ali Instruksikan Evakuasi Warga Dari Lokasi Tanah Bergerak

  • Whatsapp
Bupati Aceh Besar Ir. H. Mawardi Ali di dampingi Camat Kuta Cot Glie, Iman Munandar kunjungi lokasi tanah bergerak di desa Lamkleng, Kecamatan Kuta Cot Glie, Kamis, 14 Januari 2020.

ACEH BESAR, INFONANGGROE.com – Bupati Aceh Besar Mawardi Ali setelah berkunjung ke tanah longsor bergerak di Gampong Lamkleng, Kecamatan Kuta Cot Glie, Aceh Besar. Kamis, 14 Januari 2021.

Ia menginstruksikan untuk mengevakuasi dua kepala keluarga (KK) yang rumahnya berada di blok longsoran.”Mereka kita evakuasi masih di desa yang sama, tapi lokasinya lebih jauh dari tebing sungai,” kata Mawardi.

“Semua Warga harap tetap waspada dan menjaga diri, dan terima Kasih kepada BPBD, Tagana Dinsos dan Pemuda Gampong Lamkleng. Sangat kompak sekali bekerja sama dalam menjaga dan evakuasi terhadap warga yang terdampak”, ujar Mawardi Ali.

Baca juga:
Bupati Aceh Besar Pimpin Upacara Hari Amal Bakti Kemanag Ke-75

Dalam kunjungannya, Bupati Mawardi Ali didampingi sepuluh camat dan sejumlah kepala dinas serta kepala badan terkait. Di antaranya Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana dan Kepala Dinas Sosial Aceh Besar.

Lanjutnya, Ia juga memutuskan untuk mendirikan pos komandan (posko) di desa tersebut. Di posko juga ditempatkan petugas untuk memantau siang dan malam perkembangan di lokasi tanah bergerak tersebut.

“Kalau terjadi hal-hal yang tak diinginkan dalam skala besar, petugas posko langsung bisa bertindak dan melakukan evakuasi warga sehingga tak sampai menimbulkan korban jiwa dan harta benda,” kata Mawardi Ali.

Baca juga:
Aceh Besar Lakukan Bajak Sawah

Menurutnya, pergerakan tanah di Gampong Lamkleng itu memang aktif. Buktinya, dari hari ke hari bertambah lebar dan bertambah dalam terus rekahan tanah di blok longsor. Bila pada hari pertama longsornya hanya 10 cm, dua hari kemudian menjadi 40 cm, Kamis kemarin sudah bertambah menjadi 70 cm. Panjang rekahannya sekitar 300 meter, searah dengan aliran sungai.(*)

Rubrik       : Nanggroe

Pos terkait