Dokter Umum Pulo Aceh Siaga Siang-Malam

  • Whatsapp

Aceh Besar, INFONANGGROE.com – Dokter umum yang diutus Pemerintah Aceh Besar ke Pulo Aceh melakukan penanganan medis di Puskesmas setempat siang dan malam hari. Mereka adalah dr. Nurul Afrah dan dr. Safrina. Hal tersebut disampaikan dr. Nurul Afrah kepada awak media melalui pesan whatsapp, kamis 25 Juni 2020.

“kadang-kadang malam juga ada pasien di sini, kita siap melayani,” kata Afrah.

Pelayanan yang sedang diberikan saat ini antara lain edukasi konseling dan pemeriksaan ANC pada ibu hamil, penyuntikan KB dan Imunisasi Balita. “Hari ini kita berikan edukasi konseling dan pemeriksaan ANC pada ibu hamil, penyuntikan KB dan Imunisasi Balita,” terang Afrah.

Ia menyatakan bahwa sejak ditugaskan menjadi petugas medis bersama rekannya dipulo Aceh merasa sangat betah dalam menjalankan tugasnya sebagai pelayan kesehatan masyarakat. “Insya Allah betah di sini,” ujarnya.

Penempatan dua dokter umum tersebut untuk memaksimalkan pelayanan kesehatan di Pulo Aceh. Keduanya diantar langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Anita SKM M.Kes dan langsung bertugas di puskesmas Pulo Aceh sejak 21 Juni 2020 lalu.

Kadis Kesehatan Aceh Besar mengatakan bahwa kedua dokter umum yang telah ditugaskan bersama tenaga medis lainnya akan memaksimalkan pelayanan kesehatan di Pulo Aceh.

“Penempatan dua dokter umum tersebut untuk memberikan pelayanan kesehatan maksimal bagi masyarakat pulau paling barat Indonesia ini,” ujar Anita.

Penempatan dua dokter tersebut merupakan wujud kepedulian Pemkab Aceh Besar terhadap peningkatan pelayanan di Pulo Aceh, selain akan dibangun juga 1 (satu) puskesmas baru lainnya di Pulo Nasi. Sebelumnya Anita pernah mengatakan bahwa akan menganggarkan Ambulance Laut dalam DAK 2021.

“Insya Allah DAK 2021 akan tersedia Ambulance Laut untuk Pulo Aceh,”katanya.

Pada kesempatan yang sama, Anita juga mengunjungi beberapa warga lansia serta memberikan penyuluhan perencanaan persalinan dan pencegahan komplikasi (P4K) kepada Ibu hamil dan kader posyandu serta diskusi terkait kendala dalam mengakses pelayanan kesehatan selama ini.

“Kita juga mendengar langsung keluhan dan harapan masyarakat Pulo tentang akses mereka terhadap layanan kesehatan selama ini. Kita akan menjawab dengan langkah nyata secara bertahap,” terang Anita.

Rubrik       : Kesehatan
Editor       : Musiarifsyah Putra

Pos terkait