Bupati Abdya Copot Keuchik Padang Geulumpang

  • Whatsapp
Bupati Abdya Copot Keuchik Padang Geulumpang

INFONANGGROE.com – Bupati Aceh Barat Daya (Abdya) Akmal Ibrahim memberhentikan Keuchik Gampong Padang Geulumpang, Kecamatan Jeumpa, Hasbullah dari jabatannya.

Pemberhentian itu tertuang dalam surat keputusan Bupati, nomor: 234, tanggal 27 Maret 2020, tentang Pemberhentian Kades Padang Geulumpang.

Kabag Pemerintahan Setdakab Abdya, Rizal, Msn mengatakan, pemberhentian itu buntut dari mosi tak percaya yang dilayangkan oleh masyarakat setempat.

“Ia benar, salah satu poin alasan pemberhentian itu adalah mosi tak percaya yang dilayangkan warga satu bulan lalu,” ungkap Rizal, Jum’at 3 April 2020.

Rizal melanjutkan pemberhentian itu juga buntut dari ketidaksediaan Hasbullah mengeluarkan surat keterangan miskin terhadap salah seorang warganya untuk kepentingan menerima bantuan modal usaha dari Baitul Mal.

“Mendapatkan laporan itu, bapak bupati langsung memerintahkan inspektorat untuk mengaudit dana desa Padang Geulumpang dan juga menelusuri kebenaran akan ulah Keuchik Hasbullah, yang menolak mengeluarkan rekomendasi warga miskin,” jelasnya.

Dari hasil laporan inspektorat, Akmal Ibrahim mendapat laporan tentang carut marutnya pengelolaan dana desa Padang Geulumpang, serta ulahnya yang mengganjal usaha warganya, dengan menolak mengeluarkan rekomendasi miskin.

Untuk mengisi kekosongan, Akmal juga menujuk Darul Arkam sebagai Pj Keuchik gampong Padang Geulumpang. Penunjukan itu sesuai dengan surat keputusan Bupati Abdya nomor 242, tanggal 31 Maret 2020, tentang pengangkatan penjabat Kades Padang Geulumpang Kecamatan Jeumpa Periode 2020-2021.

Untuk diketahui Hasbullah merupakan Keuchik hasil pemilihan pada Pilciksung tahun 2015 dan seharusnya masa jabatannya akan berakhir pada 6 April 2021 mendatang.

Rubrik       : Hukum
Editor       : Jufry Ijup
Sumber    : anteroacehcom

Pos terkait