6 Tips Menata Kamar Tidur agar Terasa Nyaman dan Hangat

  • Whatsapp
6-tips-menata-kamar-tidur-agar-terasa-nyaman-dan-hangat
Ilustrasi. Ada beberapa hal dan tips yang perlu dipertimbangkan saat akan menata kamar tidur agar lebih nyaman dan menenangkan. (iStockphoto/KatarzynaBialasiewicz)

INFONANGGROE.com – Mulai bosan dengan suasana kamar tidur yang dirasa tak nyaman? Tandanya Anda harus segera menata ulang kamar tidur. Berikut tips menata kamar tidur akan terasa nyaman.

Sering berada di rumah secara tidak langsung juga membuat Anda sering menikmati hari di dalam kamar tidur. Sayangnya, kamar tidur yang terasa membosankan membuat kualitas momen ‘me-time’ jadi berkurang.

Jika sudah begitu, tak ada salahnya bagi Anda untuk menata ulang kamar tidur.

Berikut tips menata kamar tidur untuk memberikan efek menenangkan, mengutip Greatist.

1. Buat rencana

Hal pertama yang perlu dilakukan untuk menata kamar tidur adalah membuat rencana. Anda perlu menentukan suasana kamar tidur seperti apa yang bisa menimbulkan perasaan nyaman bagi Anda.

“Kamar tidur adalah hal terakhir yang kita lihat di malam hari dan hal pertama yang kita lihat di pagi hari. Penting untuk membuat kamar tidur senyaman mungkin sesuai apa yang didambakan,” ujar desainer interior, Jake Rodehuth-Harrison.

2. Perhatikan kombinasi warna

Rodehuth-Harrison mengatakan, menjaga nuansa tetap monokrom adalah salah satu cara membuat kamar tidur terasa nyaman.

“Kurangnya [warna] kontras, seperti warna-warna cerah, berarti kurangnya ketegangan. Jadi, secara alami, akan terasa tidak terlalu sibuk,” ujar dia.

Bagi Rodehuth-Harrison, warna-warna lembut kerap menjadi pilihan yang tepat untuk kamar tidur karena bisa memberikan efek menenangkan.

Ilustrasi. Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan untuk membuat kamar terasa nyaman. (davidlee770924/Pixabay)

3. Jaga tidak berantakan

Tips lain untuk menjaga ketenangan di kamar tidur adalah menjaganya dari ‘kapal pecah’. Jaga kamar tetap rapi tak berantakan.

Salah satu cara paling mudah adalah dengan tidak menaruh terlalu banyak barang di meja samping tempat tidur.

“Semakin sedikit barang yang ada di meja samping tempat tidur, maka itu semakin baik,” ujar desainer interior Alexis Garrett. Cara ini membuat malam sebelum tidur terasa menenangkan.

Taruh barang lain seperti lilin aromaterapi, diffuser, dan lainnya di area lain kamar tidur.

4. Simpan beberapa lampu di kamar tidur

Setiap ruangan, termasuk kamar tidur, umumnya memiliki satu lampu utama yang menempel di langit-langit ruangan. Namun, untuk memberikan rasa nyaman, Anda tak bisa hanya mengandalkan lampu utama sebagai satu-satunya penerangan di kamar.

Jika memungkinkan, gunakan sakelar pengatur redup atau terangnya lampu utama. Redupkan lampu untuk memberikan suasana hangat dan menenangkan.

Anda juga perlu menempatkan lampu tidur atau lampu baca tambahan di kamar tidur. Namun, alih-alih menyimpan lampu tidur di meja samping tempat tidur, gunakan sconce sebagai lampu baca. Sconce merupakan lampu yang bisa dipasang di dinding. Pasang sconce tepat di atas kepala.

5. Perbanyak bantal

Tumpukan bantal menjadi pilihan tepat sebagai penyangga punggung saat melakukan aktivitas di atas kasur. Selain itu, tumpukan bantal juga menambah kesan hangat di atas kasur.

6. Atur area khusus untuk bekerja

Konsep work from home akan berlangsung lancar jika didukung oleh suasana kamar tidur yang tepat.

Jika kamar tidur membuat Anda sulit fokus bekerja, pasang pembatas ruangan antara area kerja dan area lainnya. Anda bisa menggunakan pembatas ruangan akordeon yang bisa dilipat saat tak dibutuhkan. Atau, Anda juga bisa memasang tirai pemisah yang dibuka saat tidak diperlukan.

Rubrik       : Health
Sumber      : cnnindonesia.com

Pos terkait